Sunday, January 6, 2013

Hakikat Lingkungan Hidup Indonesia

Lingkungan hidup secara umum diartikan oleh Tresna Sastrawijaya dengan tempat hidup semua jenis makhluk hidup. Lingkungan diistilahkan juga dengan ekosistem yaitu tatanan unsur lingkungan yang merupakan kesatuan utuh menyeluruh dan saling mempengaruhi dalam membentuk keseimbangan, stabilitas, dan produktifitas lingkungan hidup, termasuk di dalamnya manusia. Sudarto P. Hadi mengatakan manusia dengan perilakunya sangat dominan dalam mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan makhluk hidup lainnya. My Indonesia


Lingkungan sebagai tempat hidup makhluk, disebut dengan ekosistem, berasal dari kata oikos, berarti rumah atau tempat untuk hidup, sistem berarti serangkaian hubungan atau pertalian antar komponen lingkungan. Sedangkan ilmu yang mengkaji tentang hubungan komponen yang terdapat dalam lingkungan itu disebut dengan ekologi. Ekologi secara sederhana diartikan oleh Eugene P. Odum adalah pengkajian organisme-organisme di rumah atau hubungan organisme-organisme atau kelompok organisme terhadap lingkungannya, atau ilmu hubungan timbal balik antara organisme-organisme hidup dan lingkungannya. Lingkungan secara nyata terlihat oleh manusia menurut Daniel D. Chiras meliputi tanah, -tempat interaksi makhluk hidup diatasnya-, udara, -sarana untuk kehidupan makhluk hidup melangsungkan kehidupannya- air, -sarana untuk kehidupan makhluk hidup melangsungkan kehidupannya-, tiga jenis lingkungan inilah yang dijadikan oleh makhluk hidup untuk dijadikan untuk kelangsungan hidup oleh binatang, mocro organisme dan habitat lainnya.

Lebih agak khusus, lingkungan hidup disebut juga dengan ekosistem. Ekosistem merupakan wadah yang ditempati oleh sejumlah individu, hewan dan tumbuh-tumbuhan berinteraksi dalam dataran ekosfer bumi. Ekosistem hubungan timbal balik antara sejumlah komunitas, hubungan yang dimaksud adalah interaksi antara sejumlah habitat dengan jenisnya dan dengan lingkungan fisiknya. Ekosistem sebagai sebuah lingkungan menurut M. Soerjani dapat dibagi menjadi tiga bagian. Pertama, lingkungan alam (natural environment), lingkungan yang belum terjadi dominasi manusia di dalamnya, lingkungan alam terdiri dari lingkungan fisik dan lingkungan hayati. Kedua, lingkungan buatan (protection environment), lingkungan ini disatukan dengan socio system, dimana di dalamnya terdapat juga sistem pertanian, kesehatan, pendidikan, budaya, agama. Ketiga, lingkungan hidup sosial (social environment), adalah masyarakat manusia yang mempunyai kesamaan kepentingan pokok untuk mempertahankan eksistensi manusia dalam pembangunan.
Dari teori yang penulis kemukakan di atas dapat disimpulkan bahwa lingkungan merupakan suatu tempat di atas ekosper bumi yang dijadikan tempat berlangsungnya interaksi antar makhluk hidup maupun tak hidup.

Lingkungan dibagi berdasarkan peran dan eksistensi manusia di dalamnya. Pertama, lingkungan alami, yaitu lingkungan hidup yang tidak di dominasi oleh manusia. Kedua, lingkungan binaan/buatan, yaitu lingkungan yang diolah berdasarkan kreativitas manusia. Kelangsungan, kelestarian, keharmonisan lingkungan binaan tergantung dari sikap, kepedulian dan tanggung jawab manusia.

Lingkungan yang menjadi objek penelitian penulis adalah lingkungan binaan dan lingkungan sosial. Lingkungan binaan dan sosial dimaksud adalah lingkungan pasar. Lingkungan pasar yang penulis maksud di atas adalah suatu tempat (lokasi) yang telah diolah berdasarkan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi manusia, dijadikan sebagai wahana berlangsunya proses transaksi pemenuhan kebutuhan hidup antar sesama manusia, tercakup di dalamnya interaksi antar berbagai komponen lingkungan lainnya, air, udara, tumbuh-tumbuhan dan hewan.

Artikel Hakikat Lingkungan Hidup terdapat di My Indonesia di http://mayyoli.blogspot.com/

1 comment:

  1. assalamualaikum mas Andry, menarik sekali membaca tulisan Lingkungan hidup. Lingkungan tempat makhluk menjalankan amanat untuk hidup, jadi otomatis suatu kewajiban untuk menjaga agar lingkungan tetap hidup, jangan sampai menjadi lingkungan mati.

    Salam lingkungan hidup mas andry :D

    ReplyDelete

If you liked this post, please leave your comment!