Cara Membuat Topeng Ondel-Ondel

Banyak cara membuat topeng ondel-ondel dengan berbagai jenis bahan mulai dari kayu, fiberglass, bubur kertas dan streaform disini saya akan memberikan cara membuat topeng menggunakan bahan dasar fiberglass karena dengan bahan ini akan lebih mudah dipelajari tanpa harus menguasai tehnik ukir jika menggunakan bahan dasar kayu.




BAHAN - BAHAN :
  • Resin. Ini untuk bahan utamanya. Seperti membuat beton, resin itu sebagai semennya. Berbentuk cair warna merah.
  • Mat. Berbentuk serat-serat putih
  • Katalis. Bahan campuran resin yang berfungsi untuk memadatkan resin.
  • Talk. Tugasnya membuat hasil akhir lebih keras dan kaku.

Langkah-langkah
  1. Menentukan apa yang mau kita buat dengan fiberglass. Maksudnya kita bikin dulu cetakan Muka atau wajah ondel-ondel untuk saat ini saya menggunakan lilin mainan karena lebih mudah untuk dibentuk untuk lebih mudahnya anda bisa menambahkan campuran minyak sayur agar lilin mainan lebih lembut. Sebelum membuat cetakan, harus sudah ditentukan model yang kita inginkan. Model itu bisa dari kreasi sendiri atau mengikuti model topeng ondel-ondel yang udah ada. Jika ingin lebih menarik dari model yang kita mau bisa dibikin lebih enak dibuat master nya dulu kalo saya selalu menggunakan silicon ruber karena lebih awet dan ga mesti pakai miror glaze sehingga lebih mudah untuk dilepas.
  2. Setelah cetakan terbentuk, langsung ke proses eksekusi. Tutup bagian cetakan yang sekiranya akan terkena tetesan resin pake kertas bekas. Sangat berbahaya jika sampai nempel ke bagian fiber lain bakalan susah banget diilangin bahkan mesti digerinda loh! Makanya mesti ati-ati banget biar tetep aman.
  3. Kalo udah, siapin bahan-bahan yang tadi udah disebutin ditambah alat-alat pendukung lain seperti kuas, gelas air mineral, pengaduk, dan bila perlu sarung tangan buat ngehindarin gatelnya mat fiber. Racik bahan-bahan tersebut. Komposisinya setengah gelas resin ditambah talk kira-kira perbandingan 1:1. Diaduk-aduk lalu ditambahkan lagi katalis sekitar 10-12 tetes. Jangan terlalu banyak katalis karena bisa mempercepat kerasnya adonan. Aduk lagi deh ampe rata.

  • Mari membuat lapisan pertama. Pastikan permukaan bersih. Bila perlu bisa ditambahkan/ dilapisi Mirror Glaze Mold Release jika cetakan anda langsung pada fiberglass biar ntar gampang dilepasnya tuh cetakan.
  • Olesin adonan “bubur” tadi pake kuas di cetakan body. Kita memiliki waktu kira-kira 30 menit sebelum adonan itu keras. Tapi tenang saja yang penting rapi dan rata. Setelah 1 lapis selesai, biarkan dahulu 10 menit sampe agak kering dikit terus ditempelelin tuh matnya cukup 1 lapis tiap bagian.
  • Setelah semua dilapisin mat, olesin lagi pake adonan resin tadi. Tunggu 1lapisan ini agak kering.
  • Buat lapisan kedua dan seterusnya adonan yang dipake cukup resin + katalis aja karena kalo pake talk lagi, hasil akhirnya akan terlalu berat. Lagipula Lapisan pertama yang pake talk itu udah cukup buat semacam “pondasi”. Nah karena udah ada pondasinya, lapisan berikut cukup dilapisi batu bata dan semen, eh maksudnya mat dan resin+katalis. Buat komposisi tetep sama, setengah gelas resin ditambah 10-12 tetes katalis.
  • Langsung aja lapisan kedua dibuat. Tampelkan Mat merata ke semua sisi. Olesin lagi pake adonan resin+katalis hingga merata. Kita bisa membuat sampai kira-kira 3 lapis mat. Tidak terlalu tebal tapi udah cukup kuat.
  • Tunggu sampai semua bener-bener kering sekitar 6-8 jam. Lalu pisahkan dari cetakannya.Selamat Mencoba...!!!
Sumber:  http://ondel-ondelku.blogspot.com/2014/03/cara-membuat-topeng-ondel-ondel.html
Cara Membuat Topeng Ondel-Ondel Cara Membuat Topeng Ondel-Ondel Reviewed by Andry Pramudya on 7/29/2014 Rating: 5

No comments:

If you liked this post, please leave your comment!

Powered by Blogger.